Info Sekolah
Senin, 15 Jul 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK TECMA CIAMBAR Sekretariat : Jalan Raya Ciambar km 4, Sukabumi 43156, Telp. (0266) 6546109, Email : info@smktecmaciambar.sch.id

Pancasila Sebagai Penangkal Radikalisme

Selasa, 30 November 2021 Oleh : Admin

Penulis: Miftahul Paroh, S.Sos.

(Guru Mapel PPKn di SMK TECMA CIAMBAR)

Di era globalisasi sekarang informasi begitu cepat tersampaikan baik informasi yang positif maupun informasi yang negatif, media sosial juga mempengaruhi poal pikir generasi terutama generasi muda yang mudah termakan berita bohong atau hoax media sosial bagaikan pisau bermata dua yang dapat merusak generasi muda jika tidak dibarengi oleh iman dan takwa.

Dari media sosial tersebut hanya ideologi-ideologi yang masuk dan berkembang generasi muda yang tanpa disadari mengancam keutuhan negara kesatuan republik Indonesia banyak kasus di era sekarang yang mengarah pada tindakan kekerasan dan radikalisme yang terjadi dilingkungan keluarga ataupun masyarakat.

Setiap orang pasti bisa menghafal butir-butir Pancasila, namun belum tentu memahami arti, makna atau nilai yang terkandung di dalamnya. Sehingga, ketika memiliki suatu pemahaman dari golongannya, mereka tentu akan lebih tunduk terhadap golongannya sendiri. Melupakan nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, dan keadilan sosial yang telah dibentuk untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Aksi-aksi terorisme dan intoleransi yang terjadi di tanah air ini tentunya telah menyalahi nilai Pancasila. Sila-sila Pancasila bisa menjadi gembok NKRI serta mampu memberikan sebuah pedoman hidup untuk terus menjaga keberagaman yang ada. Sehingga bersama lawan paham radikal dan komunisme demi keamanan serta stabilitas bangsa dan negara menuju Indonesia maju, lalu apa yang harus dilakukan pemerintah untuk mencegah radikalisme aktualisasi Pancasila adalah jawabannya.

“aktualisasi Pancasila adalah cara untuk memerangi radikalisme khususnya nilai ketuhanan. Setiap orang meyakini Tuhannya pasti akan mencinta sesama dan memperlakukan sesama sebagai saudara bukan menyakiti,”

Sila pertama Ketuhanan yang maha esa dijadikan sila pertama karena membela kebenaran, keadilan, kejujuran. Ini yang harus menjadi titik tolak dalam kehidupan. Sebagai warga negara Indonesia harus saling menyayangi menghormati dan hidup rukun dalam perbedaan, sudah saatnya generasi muda memahami nilai Pancasila dengan sesungguhnya agar terhindar dari paham atau ideologi radikal yang bisa mengancam keutuhan negara kesatuan republik Indonesia semuanya bahu membahu membangun bangsa ini menjadi bangsa yang maju.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pos Terbaru

Mieling Poe Basa Indung
4 bulan yang lalu
MPLS SMK TECMA CIAMBAR 2023/2024
12 bulan yang lalu
SELAMAT HARI PAHLAWAN NASIONAL
1 tahun yang lalu

Agenda

18
Jul 2022
20
Apr 2022
18
Apr 2022

Info Sekolah

SMK TECMA CIAMBAR

NSPN : 60726509
Jalan Raya Ciambar km 4, Desa Ciambar, Kec. Ciambar, Kab. Sukabumi 43156
TELEPON (0266) 6546109
EMAIL info@smktecmaciambar.sch.id
WHATSAPP +6285703063471